Review

Yaris, City Car Tapi Bisa Dipakai Balapan

Ditulis oleh Bu Guru Siti

Senang rasanya saya bunda Sitti Rabiah diundang sebagai blogger oleh Viva.co.id dalam acara “Viva Talklife”, Unleas Your Fun. Terima kasih kepada Pak Sobari admin Tau Dari Blogger (TDB), yang memfasilitasi blogger, sehingga sehingga bunda bisa ikut di acara keren ini.

Toyota New Yaris bekerja sama Viva.co.id, menghadirkan anak muda berprestasi, yaitu Demas Agil Ramadani, pembalap TTI (Toyota Team Indonesia).
Demas Agil pernah juara satu pada balapan seri perdana di ajang ISSOM (Indonesia Sentul Series Of Motorsport), kelas ITCC (Indonesia Touring Car Championship) dan juga menghadirkan Dimas Aska perwakilan dari Toyota Astra Motor.

Foto: Sitti Rabiah

Heboh…juga seru acaranya, karena Viva.co.id bersama Toyota mengemas acara ini dengan beberapa games. Diselingi oleh musik dan grup band yang melantunkan lagu-lagu secara live. Saat mendengarkan musik ini, terasa susah move on dari tempat ini.

Acara berlangsung di Resto Cerita Rasa, Kemang Jakarta Selatan, Minggu 25 Agustus 2019 yang lalu. Tempatnya di ruang terbuka, di bawah pohon yang rindang dan sejuk. Jadinya kita para tamu undangan merasa santai dan rileks. Menunya yang enak-enak ala prasmanan serta minumannya yang segar-segar, membuat betah berada di tempat ini.

Sejarah Kehadiran New Yaris Di Indonesia

Dimas Aska sebagai perwakilan dari Toyota Astra Motor mengatakan, Toyota Yaris hadir di Indonesia sejak tahun 2006 menggantikan Toyota Starlet, dan tahun 2008 hadir versi TRD Sportivo.

Dimas Aska juga menyampaikan, bahwa kini hadir New Yaris dengan berbagai keunggulan. Kata Dimas, New Yaris ini bisa dibilang mobil yang beruntung, karena bisa dijadikan mobil balap. Mobil balap New Yaris ini modelnya keren, style sehingga banyak digemari oleh kaula muda di jaman milenial ini.

Keunggulan New Yaris Hingga Jadi Mobil Balap

New Yaris termasuk mobil fun-nya anak muda, full musik yang sudah tampil dengan sangat kreatifitas. Bukan itu saja, yang lebih penting lagi yaitu sudah dilengkapi dengan pengereman yang sudah berteknologi ABS, ABD dan BA.

Juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC), untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung. Sehingga tetap memperhatikan keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

Dimas Aska sebagai Head Of Media Relation PT Toyota Astra Motor, juga mengatakan bahwa mobil Yaris yang dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor ini, memiliki mesin bensin 1.496 cc sehingga sangat irit, dan juga konsumen bisa memilih transmisi manual atau otomatis, sesuai kebutuhan.

Mobil Yaris ini mempunyai jantung mekanis 2NR-FE 1,5 liter deral VVT-i dan tenaga 107 PS dan torsi140 NM, serta penggunaan transmisi CVT yang dilengkapi paddle shift untuk keadaan jalanan di Indonesia.

New Yaris juga dilengkapi dengan fitur kekinian, yaitu adanya tombol pengatur AC sehingga lebih mudah mengoperasikannya. Begitu juga dengan sistem audionya yang sudah dilengkapi dengan DVD, Radio FM dan AM, serta dilengkapi dengan USB serta ada bluetooth untuk audio dan telephone.

Mobil jenis City Car ini juga memiliki fitur safety, dan juga tampilannya sportif. Tampilan Yaris ini stylis dan lebih fun memakainya. Bisa dipakai sebagai mobil balap dan juga bisa dipakai sehari-hari. Paling utama mobil ini termasuk mobil andalan para pembalap Indonesia, seperti Demas Agil.

Pengalaman Demas Agil Ramadani Memakai Toyota New Yaris Sebagai Mobil Balap

Demas Agil Ramadani yang merupakan pembalap muda yang sering diutus oleh Toyota Team Indonesia (TTI) di event balapan, sangat antusias menceritakan pengalamannya di depan para blogger otomotif.

Beliau mengatakan bahwa dirinya awalnya adalah pembalap gokart, dan pernah mengalami kecelakaan saat mengendarai gokart. Sehingga tangannya mengalami cidera patah. Semenjak itu, ibunya melarang untuk mengendarai gokart.

Ayah Demas adalah seorang pembalap. Maka tidak heran kalau anaknya juga pembalap. Kata pepatah, “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Bakat ayah turun ke Demas. Karena hobi dan ada bakat yang terus diasah.

Saat sesi tanya jawab, ada blogger yang bertanya, pengalaman apa yang membuat Demas paling berkesan?

Jawabnya, hal yang paling mendebarkan adalah setiap 5 detik menjelang start. Sedikit saja tidak fokus, peluang menjadi juara sangat kecil.

Pertanyaan kedua datang dari saya Bunda Sitti Rabiah. Sebagai pembalap yang masih muda, apakah Demas tidak takut memakai mobil city car untuk balapan? Padahal cc-nya tidak terlalu besar?

Demas menjawab, sekarang ini perkembangan otomotif sudah sedemikian maju. Balapan mobil itu tidak harus mobil yang bobotnya berat, mahal atau cc-nya yang tinggi. Tapi yang penting kita yang membawanya enak, santai, enjoy dan dapat menguasainya. Yakin bisa berhasil jadi juara.

Menurut Demas, jadi pembalab itu, juga harus berolahraga Jangan sampai pembalap itu perutnya buncit, sehingga bisa mengganggu saat menyetir hehehe….

Demas jadi “racing driver” atau pembalap sejak usia 20 tahun. Ini semua berdasarkan keinginan untuk belajar dan keseriusan dalam berlatih. Demas selalu¬† menikmati proses semua yang dilakoninya dengan enjoy. Tidak pernah lupa untuk berdoa saat dirinya akan berlaga.

Nah begitulah serunya acara Viva Talklife ini. Tidak terasa keseruannya harus diakhiri foto bersama dengan mobil balap Toyota New Yaris.

Selama berlangsung, para blogger meramaikan acara ini di facebook, instagram dan twitter sehingga masuk trending topic twitter Indonesia urutan nomor 13. Wah…suatu prestasi yang cukup lumayan bagus.

Semoga Toyota Yaris ke depannya lebih eksis lagi dan lebih maju lagi.

Salam dari
Bunda Sitti Rabiah.

Tentang Penulis

Bu Guru Siti

Seorang ibu, juga seorang guru yang berusaha semaksimal mungkin mendedikasikan diri untuk mendidik putera-puteri Indonesia sepenuh hati dan menjaga sepenuh jiwa.

Berikan sebuah komentar